Wednesday, 17 April 2019

'Jangan Lupa Nyoblos' - MB Terengganu

SHARE


KUALA TERENGGANU, 17 April - Menteri Besar, Dr. Ahmad Samsuri Mokhtar mengucapkan selamat mengundi kepada semua warga Republik Indonesia (RI) dalam Pemilihan Umum 2019 (Pemilu 2019,  hari ini.

"Sempena Pemilu 2019 hari ini, saya ingin mengucapkan selamat mencoblos (mengundi) buat semua warga Indonesia.

"Pilih calon terbaik demi keadilan dan kesejahteraan rakyat Indonesia dan rantau sejagat. Jangan lupa nyoblos, jangan sampe golput (tidak mengundi) ya," kata beliau dalam status Facebook, hari ini.
Sementara itu menurut sebuah portal berita Indonesia, IDN Times, pemilu kali ini menjadi sejarah pertama Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) dibuat secara serentak.
Menurut Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan 3 (DPTHP3) bertarikh Isnin, 8 April lalu sejumlah 192,866,254 orang berkelayakan untuk mengundi tahun ini .
Ia bertambah sebanyak 37,734 orang pemilih berbanding DPTHP2.

Pemilu itu akan memilih Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres), Anggota Dewan Pemilihan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, Anggota DPRD Kabupaten atau Kota dan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
Dua pasangan Capres dan Cawapres dipertandingkan termasuk Jokowi Dodo dan Prof Dr K H Ma'ruf Ami (Jokowi-Ma'ruf) sementara lawannya Prabowo Subianto Djojohardikoesoemo dan H Sandiaga Salahuddin Uno (Prabowo-Sandiaga).
Pasangan Jokowi-Ma'ruf didokong oleh 10 parti termasuk PKP, PDI Perjuangan, Golongan Karya, NASDEM, Perindo, PPP, Solidaritas Indonesia, HANURA, PKP dan Bulan Bintang.
Manakala pasangan Prabowo-Sandiaga didokong oleh enam parti termasuk GERINDRA, Garuda, Berkarya, Parti Keadilan Sejahtera (PKS), Parti Amanat Nasional (PAN) dan Demokrat.
Seramai 7,968 Calon Anggota Legislatif (Caleg) dari 16 buah parti bertanding dalam Pemilu kali ini termasuk 4,774 calon lelaki dan wanita (3,194).
Sebanyak 575 kerusi DPR dipertandingkan bertambah 15 kerusi berbanding Pemilu 2014 (560 kerusi).

Lebih dari 7,000 Caleg DPR berebut kerusi parlimen manakala Lebih dari 800 Caleg bertanding merebut kerusi DPD.




SHARE

Penulis: verified_user

0 komen: